Istri Istri Sayyidina Ali kw

 

Sayyidina Ali kw semasa hidupnya pernah menikah berkali kali, dalam satu riwayat dikatakan sampai sepuluh kali. Namun sesuai dengan peraturan agama, beliau tidak pernah dalam satu masa istrinya  lebih dari empat orang.

Adapun istri Sayyidina Ali kw yang pertama adalah Siti Fathimah Az Zahra binti Rosulillah SAW. Semasa hidupnya Siti Fathimah ra, Sayyidina Ali kw tidak pernah kawin lagi. Baru setelah Siti Fathimah ra wafat, maka atas dasar wasiat Siti Fathimah ra, Sayyidina Ali menikah dengan Umamah binti Al Ash, putri dari Siti Zainab binti Rosulillah SAW, kakak Siti Fathimah ra.

Kemudian Sayyidina Ali kw berturut turut manikah dengan Ummul Banin Al Kilabiyyah, Laila binti Mas’ud At Tamimiyyah, dan kemudian dengan Asma’ binti Umais ra.

Adapun Asma’ binti Umais ra, maka sebelumnya beliau sudah pernah menikah dengan Sayyidina Ja’far bin Abi Tholib ra, kakak Sayyidina Ali kw, bahkan bersama suaminya beliau ikut hijrah ke Habasyah. Kemudian setelah Sayyidina Ja’far bin Abi Tholib ra meninggal, maka atas saran dari Rosululloh SAW, Asma’ binti Umais ra menikah dengan Sayyidina Abubakar Ash Shiddiq ra. Baru setelah Kholifah Abubakar ra meninggal, Asma’ binti Umais ra. menikah dengan Sayyidina Ali kw.

Selanjutnya Sayyidina Ali kw menikah lagi dengan Ummu Hubaib binti Rabiah, beliau adalah seorang tawanan perang, dan setelah dimerdekakan, maka beliau dikawin oleh Sayyidina Ali kw.

 Kemudian Sayyidina Ali kw menikah lagi dengan Khoulah binti Ja’far dan setelah itu dengan Ummu Sa’ad binti Urwah Ats Tsagofiyyah. Dasn yang terakhir Sayyidina Ali kw menikah dengan Makhbaah binti Umru’ul Qois bin Adi Al Kalbiyyah.

 

Itulah nama nama dari istri istri Sayyidina Ali kw, namun perlu diketahui, karena agama membatasi seseorang hanya boleh menikah empat orang saja, maka Sayyidina Ali kw dalam satu masa tidak pernah istrinya lebih dari empat orang.

Wallohu  A’lam  Bishshowaab.

***