Kitab Nahjul Balaghoh

 

Nahjul Balaghoh yang artinya Jalan Menuju Kefasihan adalah satu kitab yang dikarang oleh seorang penyair terkenal diabat ke empat yang bernama Syarif Ar Ridho  ( 359 --- 406  Hijriyah ).

 Namun ada yang berpendapat bahwa kitab tersebut bukan karangan Syarif Ar Ridho tapi dikarang oleh kakaknya yang bernama Syarif  Al Murtadho  ( 355 --- 436 Hijriyah ).

Menurut penulisnya, Nahjul Balaghoh berisi khutbah khutbah Imam Ali kw, surat menyurat Imam Ali kw dan kata kata hikmah Imam Ali kw, yang dia kumpulkan dari orang orang yang menghafalnya.

Bagi golongan Syi’ah, kitab tersebut dianggap sebagai kitab yang diagungkan setelah Kitabulloh  ( Al Qur’an ).

Tapi anehnya, meskipun mereka meyakini kitab tersebut sebagai kata kata Imam Ali kw, tapi tidak semua isi kitab tersebut mereka patuhi dan ikuti. Yang cocok dengan ajaran Syi’ah mereka pakai dan ikuti, sedang yang tidak cocok dengan ajaran Syi’ah mereka tolak dan tidak dipakai.

Adapun kita golongan Ahlussunnah Waljamaah, kita tidak mengakui bahwa isi kitab tersebut benar benar kata kata Imam Ali kw, tapi mungkin disitu ada yang benar. Karenanya kita Ahlussunnah tidak memakainya sebagai hujjah atau rujukan. Bahkan banyak ulama Ahlussunnah dengan tegas menyatakan bahwa Nahjul Balaghoh adalah Kitabnya golongan Syi’ah.

Demikian pula dari kalangan Habaib, mereka dengan tegas mengatakan bahwa kitab tersebut adalah kitab Syi’ah.

( Baca Ar Roah Al Ghomidhoh oleh Habib Salim Bin Jindan )

 

Pernah penulis diajak seorang teman untuk menerjemahkan sebagian dari kitab Nahjul Balaghoh (Hikam), dari bahasa arab kebahasa Indonesia. Namun setelah kami meminta pendapat dari sesepuh Habaib, mereka menasehatkan agar kami tidak terlibat dalam penerjemahan kitab tersebut. Dan Alhamdulillah akhirnya permintaan tersebut kami tolak.

Demikian sedikit dari apa yang kami ketahui mengenai kitab Nahjul Balaghoh.

***