بسم الله الرحمن الرحيم

 

HIMBAUAN  DAN  NASEHAT

DARI  SESEPUH  HABAIB  HADRAMAUT  &  HAROMAIN

 

Berita mengenai adanya beberapa oknum Habaib Alawiyyin di Indonesia dan dibeberapa negara yang terpengaruh dengan aliran sesat Syi’ah Imamiyyah Itsna asyariyyah atau yang sekarang menggunakan nama samaran Madzhab Ahlul Bait, telah membuat para Sesepuh dan Tokoh Tokoh Habaib di Hadramaut dan Haromain prihatin dan resah.

Karenanya sehubungan dengan diadakannya Musyawarah Rabithah Alawiyah di Jakarta, mereka sepakat memberikan himbauan, serta mengingatkan agar para Alawiyyin dimanapun mereka berada tetap berpegang teguh dengan aqidah Ahlu Sunnah Wal Jamaah, serta waspada dan tidak terpengaruh dengan Ahli Bid’ah ( Syi’ah,  Khowarij,  Mu’tazilah  dan lain lain ).

Himbauan ini telah dibacakan dan disampaikan kepada hadirin saat Musyawarah Rabithah Alawiyah di jakarta. Semoga himbauan dan nasehat dari para sesepuh Habaib ini dapat menyadarkan mereka yang sudah terjerumus kedalam aqidah yang menyimpang dari aqidah yang diyakini dan diikuti oleh Salafunassholeh.

والزم كتاب الله  واتبع  سنة   وا قتد  هداك الله  بالأسلاف

                                                 Redaksi  Ash-Showaaiq

 

بسم الله الرحمن الرحيم

 

يثبت الله الذين آمنوا بالقول الثابت في الحياة الدنيا و في الآخرة - والذين جاءوا من بعدهم يقولون ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإ يمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤؤف رحيم- ياآيهاالذين آمنوا اتقوا الله وكونوا مع الصادقين

الحمد لله ولي التوفيق, يهدى الله لنوره من يشاء, وصلى الله و سلم على عبده ورسوله المصطفى سيد المرسلين, و خاتم النبيين, و على آله و اهل بيته الطاهرين, وأصحابه الصادقين المفلحين, وتابعيهم بإحسان إلى يوم الدين.

Dari

Ulama, Munsib dan tokoh-tokoh keluarga Abi Alawi

di Hadramaut dan Al-Haramain

Kepada

Pengurus Rabithah Alawiyah dan anggota-anggota khususnya dan Alawiyin di Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya.

 

Assalamu'alaikum wr. wb.

Sesungguhnya kami mengingatkan saudara sekalian atas ni'mat Allah SWT yang diberikan berupa bersambungnya nasab kalian kepada tokoh-tokoh ulama yang benar dan jernih dari golongan keluarga Abi Alawi keturunan Imam Alwi bin Ubaidillah bin Imam al-Muhajir Ilallah Ahmad bin Isa yang merupakan intisari dari Ahlu Bait Nabi, yang menguasai ilmu pengetahuan yang luas, mewariskan sifat-sifat kenabian, wara', zuhud, istiqamah dalam melakukan da'wah kejalan Allah swt serta mempunyai derajat yang tinggi.

Bersambungnya nasab kepada mereka mengharuskan kalian mengikuti jejak mereka dan menghiasi serta memenuhi diri kita dengan sifat-sifat mereka yang baik dan terpuji serta melipatgandakan rasa tanggungjawab kalian dalam menjaga dan melaksanakan amanah di jalur mereka, memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa.

Dan kami menegaskan kepada saudara-saudara mengenai urusan seputar Rabithah Alawiyah agar tetap kokoh dan istiqamah di atas fondasi, aturan-aturan dan Anggaran Dasar yang telah disusun oleh para pendiri dan kepengurusan Rabithah Alawiyah terdahulu yang berjalan di atas thariqah Ahlu Sunnah Wal Jamaah, mengikuti madzhab yang empat ( Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali ) dan jalan al-Asy'ariyah yang suci.

Keluarga Abi Alawi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari golongan yang terbanyak dari umat yaitu Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Mereka dalam i'tiqad berpegang kepada manhaj Al-Asy'ariyah dan dalam masalah furu' (fiqih) berpegang kepada madzhab Imam Muhammad bin Idris Al-Syafi’i Al-Muttholibi serta berjalan diatas manhaj tasawuf yang suci, jauh dari bid'ah-bid'ah dan penyimpangan. Maka hati-hatilah untuk merubah sesuatu dari apa yang telah mereka tetapkan atau menyimpang dari jalan dan aturan-aturan mereka, atau mengganti dengan manhaj selain manhaj mereka, walaupun bagaimana bentuknya. Sebagaimana syair Imam Al-Haddad :

Silsilah sanad mereka berantai sampai kepada Rasulullah

Dari ayah  ayahnya hingga kakeknya yang mulia.

Demi Allah, jagalah amanah ini di dalam menjalankan roda perhimpunan Rabithah Alawiyah, sebagaimana hal itu telah dilaksanakan oleh para pendiri terdahulu dan kepengurusannya yang kemudian.

Di samping itu jagalah amanah ini di dalam keluarga, anak-anak lelaki dan anak-anak wanita kalian, kenalkan mereka tentang kedudukan dan thariqah para salafus sholihin serta menjaganya, dan pautkan hati keluarga dan anak-anak kalian dengan mereka, karena dalam perkara tersebut terdapat kebaikan, keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Semoga Allah swt memberikan taufiq untuk kesuksesan Rabithah Alawiyah di tangan kalian dan mempermudah segala urusan  sebagaimana Allah SWT telah memudahkan urusan para sholihin. Semoga Allah menjadikan kami dan saudara-saudara dari golongan orang-orang yang beriman dan beramal soleh, yang berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran. Sesungguhnya inilah jalan yang lurus maka ikutilah dan janganlah kalian mengikuti jalan lain yang membawa memisahkan engkau dari jalan Allah SWT.

Wabillahittaufiq  wasalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

Tokoh  Ulama  Habaib  dan  Munsib
Yang Menanda Tangani Himbauan

 

Nama

Jabatan

1

Al Habib Abdullah bin Muhamad bin Alwi Bin Syahab

Anggota Majlis Ulama Tarim

2

Al Habib Salim bin Abdullah Assyatiry

Tokoh Ulama  dan  Pimpinan  Ribat  Tarim

3

Al Habib Zein bin Ibrahim Bin Smith

Tokoh Ulama  dan  Pimpinan  pesantren       di Madinah Al Munawarah

4

Al Habib Ali Masyhur bin Muhamad       Bin Hafidh

Ketua Majlis Fatwa Tarim

5

Al Habib Muhsin bin Abubakar Almuhdar

Tokah Alawiyyin  San'a - Yaman

6

Al Habib Hasan bin Umar Alhaddad

Munsib  Magam Al Imam Al Haddad

7

Al Habib Edrus bin Umar  bin Alwi Alkaff

Rektor  Unifersitas  Al Ahgaf

8

Al Habib Ali bin Muh. Bin Alwi Bin Syahab

Anggota Majlis Ulama Tarim

9

Al Habib Edrus bin Abdullah Bin Smith

Anggota Majlis Ulama Tarim

10

Al Habib Umar bin Muhamad Bin Hafidh

Tokoh Ulama  dan   Pimpinan  Pesantren Darul Mustafa

11

Al Habib Muhamad bin Muhsin               Bin Syeh Abubakar

Tokoh Ulama

12

Al Habib Hasan bin Ahmad                    Bin Syeh Abubakar

Munsib  Bin Syeh Abubakar

13

Al Habib Hamid bin Mohammad Hamid  Ba Alawi

Imam   Masjid   Ba Alawi

14

Al Habib Husein bin Edrus Aidid

Imam   Masjid  Maula  Aidid

15

Al Habib Syeh bin Abdullah bin Salim Alhabsyi

Munsib Al Ahmad bin Zein Al Habsyi

16

Al Habib Saleh bin Abdulkadir Alhamid

Munsib  Al Hamid

17

Al Habib Abdurrahman bin Ali Alhabsyi

Munsib  Magam H. Edrus bin Umar Alhabsyi

18

Al Habib Husein bin Abdulkadir Balfagih

Munsib   Bal Fagih

19

Al Habib Hasan bin Muhamad bin Abdullah Bin Syahab

Anggota Majlis Ulama Tarim

20

Al Habib Hamid bin Muhamad bin Abdiullah Bin Syahab

Anggota Majlis Ulama Tarim

21

Al Habib Abdullah bin Ali Al Attas

Munsib Al Attas

22

Al Habib Muhammad bin Alwi Alaidrus

Imam Masjid Assegaf

23

Al Habib Muhammad bin Umar Assegaf

Imam Masjid Ali bin Abdullah Assegaf

24

Al Habib Ahmad bin Alwi bin Ali Al Habsyi

Anggota Majlis Ulama Seiwun

25

Al Habib Hasyim bin Abdulkadir Alhabsyi

Ketua Ulama Hadramaut  &  Munsib Al Rous

26

Al Habib Abdurrahman bin Muhammad Assegaf

Sekjen Ulama Hadramaut

27

Al Habib Ali bin Abdul Kadir Al-Habsyi

Munsib   Al-Habsyi  Seiwun

Demikian telah kami kutipkan himbauan dan nasehat dari Sesepuh Habaib diatas, semoga dapat menyadarkan dan menyelamatkan teman teman kita yang tertipu dengan propaganda tokoh tokoh Syi’ah.    Amin, Amin Yaa Robbal Alamin

.


ASH-SHOWAAIQ EDISI   September  2006